Main menu

Terbang Di Masa New Normal Featured

Hari ini sudah hampir empat bulan sejak pertama kali dilaporkannya kasus COVID-19 di Indonesia oleh Pemerintah Republik Indonesia. Sejak saat itu keluar berbagai kebijakan dari pemerintah yang ditujukan untuk membatasi mobilitas masyarakat sebagai upaya pencegahan COVID-19. Salah satu diantaranya adalah pelarangan penerbangan komersil dan internasional selama beberapa pekan.

Akan tetapi sejak keluar wacana new normal dari pemerintah terjadi banyak pelonggaran terkait dengan pembatasan mobilitas masyarakat. Hal tersebut ditandai dengan terbitkan Surat Edaran Nomor 7 Tahun 2020, masyarakat dapat berpergian menggunakan pesawat terbang. Akan tetapi peraturan tersebut juga mewajibkan beberapa persyaratan yang menjadi dasar seseorang dapat berpergian di tengah COVID-19 yang belum reda.

Surat edaran yang diberi judul Kriteria Dan Persyaratan Perjalanan Orang Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) tersebut memuat beberapa persyaratan agar seseorang dapat berpergian dengan menggunakan pesawat terbang. Pada surat edaran ini terdapat protokol kesehatan yang sudah sering kita dengar, bahkan kita lakukan, diantaranya yaitu menerapkan pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan. Ditinjau dari kebijakan yang berdampak pada dunia penerbangan, ada dua poin utama yang perlu untuk digaris bawahi, yaitu perjalanan orang dalam negeri dan perjalanan orang kedatangan dari luar negeri.

Beberapa persyaratan orang untuk melakukan perjalanan orang dalam negeri dengan transportasi umum, antara lain, a) Menunjukkan identitas diri (KTP atau tanda pengenal lainnya yang sah); b) Menunjukkan surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negative yang berlaku 7 hari atau surat keterangan uji Rapid-Test dengan hasil non reaktif yang berlaku 3 hari pada saat keberangkatan; c) Menunjukkan surat keterangan bebas gejala seperti influenza yang dikeluarkan oleh Dokter Rumah Sakit/ Puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas Test PCR dan/atau Rapid Test.

194 Total Views 4 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FacebookTwitter