Main menu

Taukan Kalian Bahwa Burung Bisa Membahayakan Keamanan Dan Keselamatan Penerbangan?

Mungkin banyak yang belum tahu bahayanya burung bagi pesawat terbang dapat melihat pada beberapa saat yang lalu ada kecelakaan pesawat yang disebabkan oleh kawanan burung yang bertabrakan dengan pesawat yang disebut dengan bird strike, atau bird hit, atau BASH – Bird Aircraft Strike Hazard.  Selaian factor kondisis fisisk susatu pesawat, Kondisi awak pesawat,dan Infrastruktur di sebuah penerbangan,ada hal lain yang juga harus kita ketahui yaitu, Burung termasuk juga factor yang bisa mengancam keamanan dan keselamatan penerbangan

KENAPA BURUNG BERBAHAYA?
Ancaman yang paling utama pada kasus bird strike adalah pada pesawat jet. Maksud pesawat jet di sini adalah pesawat turbojet ataupun jet (ramjet, dll).Pesawat pada umumnya tidak seperti mobil dimana engine sebuah pesawat selalau terbuka guna untuk menyedot udara untuk pembakaran, Dengan demikian sangat mungkin jika benda – benda yang tidak di inginkan masuk ke engine pesawat, yang ada diskitar pesawat bisa tersedot masuk kedalam engine pesawat, dan bisa merusak bagian dari engine pesawat,benda tersebut didalam penerbangan biasa disebut dengan FOD (Foreign Object Damage).
Kejadian tersebut sering sekali terjadi, Salah satu contoh Sebuah kecelakaan pesawat tragis terjadi di Nepal, Jumat 28 September 2012. Tak ada yang selamat, 19 orang kru dan penumpang di dalamnya tewas. Diduga, tragedi nahas itu disebabkan tabrakan dengan burung, bahaya primitif yang terus menimbulkan ancaman besar, bahkan untuk pesawat paling modern sekalipun.
Pesawat kecil berbaling-baling kembar (twin-propeller) jatuh hanya beberapa menit setelah lepas landas dari Kathmandu menuju wilayah Puncak Everest. Meski penyebab pasti kecelakaan belum dipastikan, seperti dilaporkan BBC, pilot sempat melapor pada pengendali lalu lintas udara, bahwa pesawat telah menabrak burung bangkai. Diduga setelah tabrakan itu, pesawat menjadi tak terkendali.
Dilansir Life’s Little Mysteries, tabrakan dengan burung adalah fenomena yang umum. Menurut Federal Aviation Administration (FAA), pada 2011 dilaporkan 28 insiden tabrakan dengan satwa setiap harinya di AS, 97 persen melibatkan burung, sisanya dengan hewan darat di landasan.
Antara tahun 1988 hingga 2011, tabrakan pesawat dengan satwa membunuh lebih dari 231 orang dan merusak 220 pesawat secara global.
Hal yang nampaknya ganjil, bagaimana seekor burung bisa menjatuhkan baja terbang yang beratnya berton-ton, seringkali dijelaskan akibat kecepatan yang luar biasa dari pesawat terbang.
Meski massa burung atau hewan kecil, namun makin cepat pesawat itu terbang, makin besar energi kinetis yang dihasilkan. Bahkan burung dengan berat beberapa kilo cukup kuat untuk menyebabkan kegagalan mekanik dalam mesin pesawat.
Beberapa Upaya Yang Di Lakukan Guna Menanggulangi Seangan Burung (bird strike)
Untuk mengusir burung di beberapa bandar udara di luar negeri mereka memasang perangkat pengusir burung. Cara kerjanya adalah dengan pengeras suara yang menghasilkan suara pemangsa burung-burung yang ada di sekitar bandar udara. Dengan suara ini diharapkan burung-burung akan menyangka ada bahaya pemangsa di dekat mereka dan akan pergi ke tempat lain untuk menghindari pemangsanya tersebut.
Bandar udara tanpa perangkat canggih pun melakukan pengusiran burung dengan cara konvensional, biasanya dengan menembakkan senapan dengan suara yang keras untuk menakut-nakuti burung. Padahal suara pesawatpun sudah cukup keras untuk mengusir burung. Tapi karena biasanya suara pesawat terdengar setelah pesawat lewat maka pengusiran burung harus dilakukan sebelum pesawat lewat untuk lepas landas atau mendarat.
Cara lain untuk mengusir burung adalah dengan burung pemangsa (falcon dll), lampu, pyrotechnics (semacam kembang api), pesawat radio-controlled, lasers, anjing dan lain-lain.
TNO, sebuah institut penelitian di Belanda telah berhasil mengembangkan ROBIN (Radar Observation of Bird Intensity) untuk Royal Netherlands Airforce. ROBIN adalah hampir real-time monitoring system untuk memantau pergerakan burung terbang. ROBIN mengenali kumpulan burung  dari radar systems yang besar. Informasi ini digunakan untuk penerbang AU Belanda sewaktu lepas landas dan mendarat. Tabrakan pesawat militer Belanda dengan burung berhasil dikurangi sampai 50 % dengan sistem ini. Sayangnya belum ada sistem yang sama yang digunakan oleh sipil.
BAHAYA LAIN SELAIN BURUNG YANG BISA MENNGANCAM KEAMANAN DAN KESELAMATAN PENERBANGAN.
Selain burung, binatang lain juga bisa membahayakan penerbangan jika mereka ada dan dibiarkan berlalu lalang di bandar udara pada waktu pesawatlepas landas. Pada waktu mendarat, menabrak binatang di landas pacu mungkin tidak terlalu membahayakan, biarpun dapat membuat kerugian yang sangat besar. Kejadian yang cukup besar pernah terjadi di Indonesia adalah sebuah pesawat B737 yang menabrak seekor kerbau di bandar udara Aceh beberapa tahun lalu.
Selain binatang, ternyata manusia juga bisa menyebabkan FOD pada saat pesawat terbang. Yaitu dengan menerbangkan layang-layang di sekitar jalur lepas landas dan pendaratan pesawat. Biarpun tidak bisa terbang tinggi, layang-layang jika dimainkan tepat di jalur pendaratan pesawat atau jalur lepas landas mempunyai efek bahaya yang sama dengan burung pada kasus bird strike.
Berikut merupakan contoh bahaya yang ada di penerbangan yang tidak pernah kita duga,semoga bermanfaat bagi kita semua.Trimakasih.

1193 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

FacebookTwitter