Main menu

Simulasi Rekrutment Siswa – Siswi Wira Angkasa Academy.

Para Perusahaan saat ini telah cukup banyak menggunakan jasa psikolog untuk membantu mereka menyeleksi tenaga kerjanya. Satu hal yang pada akhir tahun 1950-an tidak dapat dibayangkan. Penggunaan pemeriksaan psikologi atau sebagaimana dikenal secara populer dengan psikotes mulai banyak dikenal pada permulaan tahun 1960-an. Permulaan penerapan pemeriksaan psikologis secara besar-besaran ialah pada saat para olahragawan Indonesia yang akan ikut pesta olahraga Asian Games II pada tahun 1962 di Jakarta, yang diselenggarakan oleh Bagian Psikologi Kejuruan dan Perusahaan dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Sejak itu makin banyak permintaan datang dari departemen, perusahaan-perusahaan swasta dan milik negara (BUMN),begitu pula perusahaan yang ada di dunia penerbangan, dan juga lembaga-lembaga keuangan dan bank-bank untuk membantu mereka menyeleksi calon-calon pegawai atau untuk membantu mereka dalam proses promosi pegawai.
Di Indonesia proses penerimaan tenaga kerja berlangsung dalam dua tahapan yang besar, yaitu pencarian calon tenaga kerja dan seleksi calon tenaga kerja.

REKRUTMEN (Pencarian tenaga kerja)

Mencocokkan kemampuan dan ketrampilan pegawai sesuai dengan persyaratan kerja merupakan inti dari proses penyaringan, seleksi, dan penempatan. Psikologi INDUSTRI DAN ORGANISASI dewasa ini lebih menekankan pada kesesuaian antara keperluan , nilai, dan harapan pegawai dengan apa yang ditawarkan organisasi serta pekerjaan.
Ada beberapa informasi yang diperlukan untuk memperoleh kecocokan tersebut:
1.    ketrampilan dan kemampuan yang diperlukan dalam pekerjaan
2.    penghargaan dan kesempatan yang ditawarkan dalam pekerjaan dan organisasi
3.    kemampuan, ketrampilan, dan pengalaman pelamar/pegawai baru
4.    kebutuhan, nilai, dan harapan pelamar/pegawai baru
Rekrutmen adalah proses menemukan dan menarik orang untuk menduduki posisi tertentu dalam suatu organisasi. Tujuan kegiatan ini adalah menemukan sejumlah pelamar kerja yang sesuai dengan posisi yang ditawarkan oleh organisasi. Dalam banyak hal, beberapa pelamar yang diperoleh untuk setiap posisi lebih disukai karena semakin banyak pelamar yang datang, semakin tinggi rasio pemilihan, akan semakin selektif perusahaan itu.
Pada tahap ini diusahakan agar jumlah calon tenaga kerja cukup banyak yang terkumpul, sehingga dapat dilakukan seleksi yang baik. Makin banyak calon tenaga kerjanya, makin besar kemungkinan mendapatkan tenaga kerja yang memenuhi persyaratan perusahaan
Proses rekrutmen akan lebih efisien, jika pekerjaan yang akan diisi itu dipahami, melalui deskripsi/uraian jabatan dan spesifikasi jabatan yang merupakan hasil dari proses analisis jabatan. Informasi ini memberi pengetahuan kepada mereka yang terlibat dalam kegiatan mencari pelamar kerja yang besar kemungkinan bisa memenuhi kebutuhan suatu perusahaan.
Rekrutent tenaga kerja pasti akan dihadapi oleh hampir semua orang ketika nantinya dia akan masuk / mencari kerja. Sosialisasi recruitment sangat lah penting,untuk membekali para siswa untuk sukses dalam recruitment kerja,dan kegiatan simulasi recruitment yang di masuk kan di pembelajaran siswa Wira Angkasa tersebut di mulai dari pembuatan surat lamaran kerja,wawancara,dan test( psikologi, teknis, pengetahuan dan medis)
Untuk Simulasi pertama menurut jadwal akademik dilaksanakan pada 10 Mei 2016. Kemudian untuk simulasi kedua  dilaksanakan pada tanggal 11 Mei 2016. Kemudian untuk simulasi terakhir  dilaksanakan 12 Mei 2016
Berbagai upaya telah dilakukan mulai dari pelatihan awal simulasi dan teknis simulasi sampai menyiapkan infrastuktur dan skema pelaksanaan  di kantor Wira Angkasa Academy, hal tersebut bertujuan agar pelaksanaan Simulasi Recrutment berjalan lancar dan diikuti oleh seluruh siswa – siswi Wira Angkasa Academy.
Oleh karena itu dalam proses pendidikan di wira Angksa Academy juga di ajarkan seperti apa pola recruitment,yang akan nanti di hadapi ketika siswa – siswi Wira Angkasa Academy akan di hadapi ketika recurment di dunia kerja hal tersebut berguna untuk.
1.    Supaya nanti Siswa – siswi wira Angkasa bisa mengetahui pola recruitment yang benar
2.    Untuk mempersiapkan Siswa – siswi ketika menghadapi recruitment
3.    Supaya punya pengalaman ketika menghadapi rekrutment
4.    Mempersiapkan mental siswa ketika menghadapi rekrutment
5.    Supaya siswa – siswi Wira Angkasa Bisa cepat keterima kerja.
Karena sesuai dengan moto Wira Angkasa Academy yaitu 4 BULAN SIAP KERJA, dan Selain itu Wira Angkasa juga punya tujuan mencetak SDM yang Profesional ,Etis Dan Inovatif, dimana nantinya mampi bersaing dan berkarir di dunia kerja khususnya didunia penerbangan.
Bagi adik-adik yang telah mempersiapkan diri dan berminat untuk mendaftarkan diri ke WIra Angkasa Academy,bisa melakukan pendaftaran secara online di website resmi penerimaan siswa – siswi baru Wira Angkasa academy www.wiraangkasaacademy.com.Terdapat  2 macam progam di bidang keamanan dan keselamatan penerbangan, yaitu Avsec dan DG (Dangerous Goods)
Syarat Dan Ketentuan Mendaftar Pendidikan Avsec Dan DG
1.    Minimal lulusan SMA Sederajat
2.    Tinggi badan minimal Putra 170, Putri 160
3.    Sehat jasmani dan rohani
4.    Usia maksimal 23 tahun
5.    Berat badan proporsional
6.    Tidak bertato dan bertindik
7.    Berpenampilan menarik
8.    Pas foto berwarna 4×6 2 lembar
9.    Fotocopy Ijazah berligalisasi dan data diri
Cara Mendaftar Pendidikan Avsec (Aviation security)
Cara mendaftar pendidikan Avsec Wira Angkasa Academy : bagi Anda yang berminat mendaftarkan diri untuk mengikuti pendidikan Avsec yang di selenggarakan oleh Wira Angkasa,anda bisa melakukan pendaftaran secara langsung, dan bagi anda yang jauh berdomisili jauh dari alamat tempat kantor Wira Angkasa Academy anda bisa melakukan pendaftaran online, melalui website resmi wira Angkasa Academy di www.wiraangkasaacademy.com atau 082333696000 / BBM :56CF91EB

1441 Total Views 5 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

FacebookTwitter