Main menu

President Joko widodo Resmikan Bandara Juwatan Tarakan

 

Presiden Joko widodo Resmikan Bandara Juwata Tarakan

TARAKAN – Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Perhubungan Ignasius Jonan Rabu (23/3) siang, meresmikan Bandar Udara Internasional Juwata di Tarakan, Kalimantan Utara.

Dalam acara tersebut Presiden Memberikan sambutan dan menyampaikan bahwa pentingnya percepatan pembangunan infrastruktur transportasi di Indonesia baik jalan raya maupun prasarana perhubungan. dan President juga mengatatakan mengatakan hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah serta menurunkan biaya logistik yang menurut Jokowi masih sangat tinggi di Indonesia.

“Karena itu Indonesia harus mempercepat pembangunan infrastruktur untuk mengejar ketertinggalan infrastruktur, kalau tidak indonesia akan ditinggal oleh kompetisi dengan Negara-negara lain”.

Oleh Karena itu, pengembangan Bandara Internasional Juwata yang telah diselesaikan Kementerian Perhubungan, Jokowi menyatakan bandara tersebut bakal menjadi prasarana yang menghubungkan provinsi-provinsi di sebelah utara Pulau Kalimantan. Bahkan, bandara tersebut siap menjadi hubungan internasional yang menghubungkan,negara satu dengan negara lain seperti negara Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Brunei,seperti halnya pintu gerbang sebuah negara indonesia di,kalimantan utara.

karena sangat memungkinkan panjang runway ditambah menjadi 2.500 meter (m) tahun ini,hal tersebut di sampaikan oleh mentri perhubungan Jonan,yang sebelumnya panjang runway di Bandara Internasional Juwata 2.250 m x 45 m,dan kemenhub telah menyediakan dana 130 milyar untuk pembangunan bandara tersebut.

Dan menhub juga menambahkan,bandara tersebut memiliki lokasi yang strategis,karena akan menyambungkan Jakarta ke kota-kota yang terletak di Malaysia (dekat Kalimantan), Filipina, Brunei, bahkan Hongkong banyak melewati utara Kalimantan. “Bahkan dari Hongkong.

Bandara tersebut di bangun pada tahun 2010 dan selesai pada tahun 2015,bandara tersebut di bangun dengan menggunakan dana APBN mencapai 172 milyar,saat ini mempunyai luas 12.440 m2 dengan kapasitas di waktu sibuk mencapai 2.073 penumpang. Pada 2015, trafik penumpangnya mencapai 1 juta penumpang.

1250 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

FacebookTwitter