Main menu

Pesawat terbesar di dunia siap untuk terbang!

Pesawat terbesar di dunia tersebut di namakan, Airlander 10, dibuat oleh perusahaan Inggris Hybrid Air Vihicles (HAV) yang dana pembuatannya sepenuhnya berasal dari pemerintah Amerika. Pesawat tersebut tercatat sebagai calon pesawat terbesar karena mempunyai panjang 90 meter lebih.
Selain itu Pesawat Airlander 10,tersebut mempunyai lambung besar yang bisa dimasuki sebuah pesawat komersial. Ya, Airlander 10 adalah pesawat hybrid, atau gabungan dari pesawat jet dan zeppelin yang dikenal mirip balon udara.
Jenis pesawat hybrid diklaim mampu menaklukkan dua masalah utama penerbangan, yakni jumlah bagasi yang kecil dan ketahanan terhadap cuaca ekstrim. Masalah utama dari pesawat konvensional adalah kapasitas bagasi yang terbatas atau ketahanan terhadap cuaca. Kami akhirnya mampu mengatasi semua masalah itu dengan konsep baru ini, pesawat hybrid, gabungan pesawat bersayap dan zeppelin,” ungkap petinggi HAV, Chris Daniels,
Pesawat ini tahan terhadap serangan cuaca karena terbuat dari kombinasi serat fiber dan kevlar, atau bahan rompi anti peluru. Selain itu, Airlander 10 mampu membawa muatan hingga berat 10 ton lebih.
Untungnya, Airlander 10 atau di sebut pesawat hybrid Airlander 10 bakal dipakai sebagai pesawat komersial. Awalnya, Amerika mempunyai niatan memakai Airlander 10 sebagai pesawat militer.
Mungkin sebelumnya tidak ada pesawat yang sebesar pesawat hybrid Airlander 10 ini,pesawawat tersebut di sebut pesawat hybrid  Sebab pesawat tersebut merupakan gabungan dari pesawat, helikopter, dan kapal. Bahkan pesawat superjumbo seperti Airbus A380 terlihat kecil dibandingkan dengannya.
Pesawat buatan Hybrid Air Vehicles tersebut tepatnya memiliki panjang 92 meter dan bobotnya 22.000 kilogram. pesawat ini bisa terbang setinggi 20.000 kaki atau 6.100 meter dan bertahan di udara selama lima hari kalau berpenumpang dan sampai dua pekan kalau tak berpenumpang.
Untuk mengudara, tubuhnya diisi helium. Di lambungnya ada tas berisi udara yang dinamai ballonet, yang bisa diisi udara atau dikosongkan untuk mengubah ketinggian. Pesawat ini bisa menjelajahi angkasa dengan kecepatan 148 kilometer per jam, didukung oleh baling-baling berkekuatan 350 tenaga kuda, dipacu oleh mesin diesel V8.
Sebelum dapat dipakai untuk tujuan komersial, pesawat yang diciptakan dengan anggaran sebesar US$35 juta ini harus melewati ground test dan tes terbang selama 200 jam.

1084 Total Views 11 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

FacebookTwitter