Main menu

Misteri Di Dalam Penerbangan Pesawat Yang Telah Terungkap

Mungkin banyak penumpang pesawat pernah naik pesawat dan mereka bertanya-tanya,pada dirinya sendiri atau orang lain, kenapa lampu sabuk pengaman menyala padahal tidak ada apa-apa. Atau, kenapa beberapa pesawat tidak punya bangku nomor 13. Semua misteri itu diungkap. Situs Skyscanner bersama News Australia menelusuri mitos dan misteri penerbangan dengan pesawat dan banyak orang yang belum mengerti dan juga belum tau dengan beberapa misteri ini. dan mengungkapkan faktanya. Berikut.

1. Apakah benar sinyal ponsel dapat menyebabkan kecelakaan pesawat?

  1. Tahun 1991, Federal Communications Commision (FCC) telah mulai melarang para penumpang untuk menghidupkan HP mereka dengan alasan frekuensi radio yang dipancarkan HP dapat mengganggu bahkan merusak sistem komunikasi pesawat. Tetapi pada tahun 2005 FCC telah melakukan pencabutan larangan tersebut dengan syarat tertentu.
  2.  Tahun 2006, Federal Aviation Administration (FAA) melakukan penelitian dan pengamatan terhadap dampak dinyalakannya HP didalam pesawat selama pesawat beroperasi dan hasilnya adalah tidak ditemukan bukti kuat yang menyatakan bahwa menyalakan HP selama penerbangan dapat mengganggu sistem dalam penerbangan. Sehingga FAA setuju dengan keputusan awal bahwa dimungkinkan adanya gangguan sistem jika menyalakan HP selama penerbangan.
  3. FAA setuju dengan FCC sehingga memberlakukan larangan menyalakan HP disemua penerbangan.
  4. Mengapa dilarang menyalakan ponsel di pesawat? Boeing telah melakukan pengujian dan penelitian terhadap 16 HP dan hasilnya adalah HP tidak hanya menghasilkan emisi difrekuensi operasi tetapi juga menghasilkan emisi lain dalam sistem komunikasi dan navigasi. Selain itu semua perangkat elektronik menghasilkan radiasi elektromagnetik.
  5. Memang selama ini belum ditemukan adanya kasus kecelakaan pesawat dikarenakan penggunaan HP tetapi menyalakan HP dalam penerbangan sudah terbukti dapat mengganggu sistem komunikasi pesawat seperti yang pernah dialami oleh pilot Canadair.

2. Bangku pesawat mana yang paling aman?

Ini sungguhan, ternyata memang ada bangku pesawat yang membuat penumpang lebih aman. Otoritas penerbangan AS dan University of Greenwich mewawancara 2.000 korban selamat dari 105 kecelakaan pesawat.

Kursi paling aman untuk penumpang adalah yang paling dekat pintu darurat, kemudian 5 baris sebelum dan sesudah pintu darurat. Penumpang yang duduk di depan pesawat punya 65 persen kesempatan untuk selamat, sedangkan mereka yang duduk di belakang pesawat hanya punya 53 persen kesempatan. Dan ini perlu kalian Catat.

3. Kenapa makanan yang sama, rasanya beda kalau dimakan di pesawat?

Kalian tidak salah, makanan rasanya beda kalau dimakan di dalam penerbangan. Udara kering di kabin mempengaruhi hidung dalam mengendus aroma makanan.

Tekanan udara di kabin mengurangi sepertiga kemampuan lidah merasakan kelezatan makanan. Biasanya maskapai memang menambah garam dan bumbu untuk makanan di pesawat.

4. Amankah minum air di pesawat?

Tes dari US Environmental Protection Agency pada 2009 menunjukan 1 dari 7 pesawat air minumnya kurang bersih. Ada bakteri seperi E. coli yang bisa muncul.

Pastikan kalian melihat pramugari menuangkan air minum dari kemasan air mineral, bukan dari air minum yang ada dari tanki cadangan pesawat.

5. Apa yang terjadi dengan tinja dan urine di pesawat?

Pesawat tidak boleh membuang isi septik tank saat penerbangan, tapi kebocoran bisa terjadi. Pernah ada kasus ‘blue ice’ (kotoran yang membeku setelah tercampur dengan disinfektan) yang jatuh dan menimpa atap rumah di Inggris. ‘Blue ice’ itu ternyata berisi urine penumpang pesawat.

6. Kenapa beberapa pesawat tidak punya bangku nomor 13?

Beberapa maskapai membuang bangku nomor 13 bukan percaya takhayul, tapi justru agar penumpang yang percaya takhayul tidak ketakutan.

Maskapai yang melakukan ini adalah Air France, Emirates, Continental Airlines, Lufthansa dan Ryanair. Lufthansa juga meniadakan bangku nomor 17 karena diangap sial oleh penumpang Italia dan Brazil.

7. Kalau pesawat bebas rokok, kenapa ada asbak di toilet?

Penerbangan pesawat bebas asap rokok sudah berjalan 15 tahun, tapi semua pesawat harus punya asbak sebagai bagian dari keamanan penerbangan.

Ini gara-gara puntung rokok pernah menyebabkan kecelakaan pesawat pada 1973, sehingga aturan asbak ini dibuat untuk jaga-jaga ada penumpang yang nekat merokok dalam penerbangan.

8. Pilot pergi ke toilet tidak?

Inilah sebabnya lampu sabuk pengaman menyala tanpa alasan apa-apa. Itu bukan turbulens. Bisa jadi itu karena pilot pergi sebentar ke toilet. Co-pilot yang menjaga penerbangan sampai rekannya kembali.

9. Apakah petir bisa menyebabkan kecelakaan pesawat?

Sejak 1967 tidak ada kasus kecelakaan pesawat akibat petir. Pesawat masa kini harus lolos ujian petir. Kalau tersambar petir, alumunium di badan pesawat akan menghantarkan listrik ke bagian ekor dan dibuang di sana.

10. Apakah masker pesawat membuat teler?

Tidak. Masker pesawat diberikan saat tekanan kabin tiba-tiba drop. Saat menghirup oksigen dari masker, beberapa penumpang sebelumnya sudah kehilangan oksigen, sehingga merasa teler.

Bagi kalian jika pengen tahu lebihdalam lagi mengenai penerbangan kalian bisa mengikuti pelatihan dan pendidikan di bidang keamanan dan keselamatan penerbangan,di Wira Angkasa Academy.

Syarat Dan Ketentuan Mendaftar Pendidikan Avsec & DG.
1.    Minimal lulusan SMA Sederajat
2.    Tinggi badan minimal Putra 170, Putri 160
3.    Sehat jasmani dan rohani
4.    Usia maksimal 23 tahun
5.    Berat badan proporsional
6.    Tidak bertato dan bertindik
7.    Berpenampilan menarik
8.    Pas foto berwarna 4×6 2 lembar
9.    Fotocopy Ijazah berligalisasi dan data diri
Cara Mendaftar Pendidikan Avsec (Aviation security)
Cara mendaftar pendidikan Avsec Wira Angkasa Academy : bagi Anda yang berminat mendaftarkan diri untuk mengikuti pendidikan Avsec yang di selenggarakan oleh Wira Angkasa,anda bisa melakukan pendaftaran secara langsung, dan bagi anda yang jauh berdomisili jauh dari alamat tempat kantor Wira Angkasa Academy anda bisa melakukan pendaftaran online, melalui website resmi wira Angkasa Academy di www.wiraangkasaacademy.com atau 082333696000 / BBM :56CF91EB

 

1668 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

FacebookTwitter