Main menu

Lubang Kecil Yang Punya Manfaat Besar Dalam Penerbangan

Bagi anda yang senang bepergian menggunakan pesawat terbang dan disitu banyak orang yang hobi ketika naik pesawat duduk di sebelah jendela ( Window Seat),pernahkah kalian perhatikan kalau di bagian bawah pada kaca jendela terdapat lubang kecil?Atau  munkin kalian ngga ngeh kalau di kaca jendela pesawat ada lubang kecil karena sibuk melihat pemandangan keindahan langit,dan atau mungkin karena kalian terpesona pada mbak – mbak pramugari yang cantik – cantik di dalam pesawat.
Tahukah kalian ternyata lubang kecil tersebut sengaja di buat dan sangat punya manfaat yang besar di dalam peerbangan,dan tidak di buat secara sembarangan,dan bukan cacat dari pabrik. Lubang kecil di bagian bawah kaca jendela pesawat disebut “lubang nafas” alias breather hole atau bleed hole.
Coba kalian perhatikan sekali lagi (selain lubang kecil dan mbak pramugarinya), jendela di kabin pesawat terbang terdiri dari beberapa lapis (umumnya punya tiga lapis) kaca–tepatnya plexiglass, sejenis akrilik atau thermoplastic–yang kuat. Nah, “lubang nafas” ini umumnya terletak di kaca bagian tengah, antara kaca bagian dalam dan kaca bagian luar.

,,kkkkk 12pesawat-komersil-ada-lubang-kecil-di-jendela
Saat pesawat sudah mengudara dan mencapai ketinggian jelajahnya (misalnya 35.000 kaki diatas permukaan laut), tekanan udara diluar pesawat sangat kecil sehingga kandungan oksigen juga kecil. Tekanan udara didalam pesawat diatur lebih besar dibanding diluar pesawat agar penumpang bisa bernafas secara normal.
Karena perbedaan tekanan udara ini, maka kaca di bagian luar menanggung beban yang lebih besar dibanding kaca bagian dalam. Nah, “lubang nafas” yang ada di lapisan kaca bagian tengah ini berfungsi untuk menyeimbangkan atau mengatur jumlah tekanan diantara celah kaca tersebut.

 Lubangnya boleh kecil, tapi punya peranan penting dalam keselamatan penerbangan. Sekarang sudah tahu kan fungsinya lubang kecil yang ada di jendela pesawat?

1406 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

FacebookTwitter