Main menu

Komponen Dasar Pesawat Dan Fungsinya.

Kalau kita berbicara tentang pesawat,yang terlintas di fikiran kita pasti pesawat terbang,dan kalau kita berbicara terkait pesawat terbang,,pasti kebanyakan orang yaqng terlintas di benaknya tempat pesawat terbang ada di bandara,dan jika di bandara pasti bervariasi,pesawat dan desainya.Walaupun selintas kalian mungkin berfikir,bahw pesawat berbeda pesawat yang satu dengan yang lainya,namun pada umumnya komponen utama yang ada pada pesawat sama, yaitu badan pesawat, sayap, ekor, dan dapur pacuatau bisa disebut dengan mesinya. Setiap pesawat memiliki komponen – komponen tersebut sesuaidengan desaign dan kegunaanya.
Fuselage / Badan Pesawat

fuselages-handling-system-big
Badan pesawat (Inggris: fuselage; dari bahasa Prancis fuselé yang berarti “berbentuk gelendong”) adalah bagian badan utama sebuah pesawat di mana awak pesawat , penumpang atau kargo ditempatkan.,fungsi lain dari badan pesawat adalah sebagai tempat temple komponen utma lainya.
Wing / Sayap

TAZ76g2
Wing di sebuah pesawat udara merupakan sebuah bidang yang dirancang untuk menghasilkan gaya angkat ( Lift ) saat bergerak dengan cepat di udara. Rancangan sayap pesawat udara ada yang menggunakan penyangga luar ( external bracing ) seperti : batang(struts) , kabel (cabel),kawat (wires) dsb. Dan untuk era sekarang ini rancangan sayap pesawat sudah tidak menggunakan penyangga luar ( no external bracing).
Jumlah sayap pada pesawat bervariasi yang bersayap tunggal disebut monoplane, yang ganda di sebut biplane,da nada lagi triple plane,
Empenneage ( TailPlane) / Ekor

download
Empenneage / Ekor adalah permukaan angkat (lift surface) kecil yang terletak di ekor (empennage) di belakang permukaan angkat (lift surface) utama dari sebuah pesawat sayap tetap maupun pesawat sayap non-tetap lainnya seperti helikopter dan gyroplanes. Tidak semua pesawat sayap tetap memiliki tailplanes. Canards, berekor dan terbang sayap pesawat tidak memiliki tailplane terpisah, sementara di dalam pesawat terbang ekor-v, stabilizer vertikal, kemudi, dan ekor-pesawat dan lift digabungkan untuk membentuk dua permukaan diagonal dalam tata letak V. Tailplane menyediakan stabilitas dan kontrol.
Selain tailplane membantu menyesuaikan perubahan di angkat tengah, dan pusat gravitasi yang disebabkan oleh perubahan dalam kecepatan dan sikap, atau ketika bahan bakar dibakar, atau ketika kargo atau muatan dijatuhkan dari pesawat.
Selain itu di ekor pesawawat juga ada elevator yang di tempelkan di belakang Stabielizer tegak horizontal yang saat terbang berguna menaikan danmenurunkan hidung pesawat sampai mencapai ketinggian yang diinginkan, dengan menarik atau mendorong yoke atau stik. Umumnya elevator punya sirip tambahan yang kecil di belakang yang disebut trim tab.gunanya mengatut tekanan yang harus dikeluarkan ssat memposisikan sudut tanjak / tukik. Trim tab diatur dalam kokpit oleh roda yang bisa diatur kedepan dan kebelakan.
Landing Gear / Roda

images
Landing gear/roda pesawat adalah penopang utama pesawat pada waktu parkir, taxi (bergerak di darat), lepas landas atau pada waktu mendarat. Landing gear terdiri dari 3 roda, dua roda utama dan roda ketiga yang bisa berada di depan atau di belakang pesawat. Landing gear yang memakai roda di belakang disebut conventional wheel. Jika roda ketiga bertempat di hidung pesawat, ini disebut nosewheel, dan rancangannya disebut tricycle gear. Nosewheel atau tailwheel yang dapat dikemudikan membuat pesawat dapat dikendalikan pada waktu beroperasi di darat.
Shock  Strut / Peredam
Sperti pada mobil pesawat juga butuh peredam kejut pada roda. Peredam ini berfungsi merdam guncangan pada saat mendarat, juga menstabilkan pesawat pada ssat rolling saat take off. Seperti di mobil peredam juga ada yang berbentuk teleskopik yang diisi gas atau oli dan per daun (Spring), atau kombinasi keduanya.
Brake atau rem pesawat berjalan pada layaknya mobil namu perbedaanya ada pada penempatan, rem pesawat di tempatkan hanya pada main gear umumnya terpisah kiri dan kanan. Karena bisa di operasikan terpisah pula (diferntial breaking) Umunya di letakkan diatas pedal rudder, gunanya saat membelok lebih tajam di darat jika di perlukan pada saat taxi.
Powerplant / Dapur Pacu
Pada pesawat kecil umunya terdiri dari mesin dan baling – baling. Putaran mesin juga membangkitkan listrik dari dinamo ampere / alternator / generator yang di perlukakan peralatan elektronik seperti radio,juga menggerakkan sumber vakum yang di butuhkan beberapa instrument terbang,dan memanaskankabin jika suhunya turun.mesin pesawat tergantung (mounted) didinding yang juga berfungsi sebagai penyekat (firewall).

2890 Total Views 5 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

FacebookTwitter