Main menu

KELAS TATAP MUKA PERDANA BATCH 18: PENDIDIKAN KARAKTER DIUTAMAKAN Featured

                                              

Batch 18 merupakan angkatan yang istimewa bagi perjalanan Wira Angkasa Academy Malang (WAA MLG). Bagaimana tidak, batch yang masuk sejak Maret 2020 ini memulai pendidikan AVSEC mereka dengan sistem pembelajaran daring. Tentu ini merupakan suatu tantangan yang sama sekali baru bagi kami, WAA MLG. Akan tetapi pada Kamis (26/6) kemarin pertemuan tatap muka perdana di laksanakan di WAA MLG.

Penerapan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan covid-19 berlaku pada pertemuan perdana menambah kesan yang berbeda dari kelas yang berjalan secara normal. Sejak awal covid-19 mewabah, Wira Angkasa Academy memang sudah menerapkan standar protokol kesehatan, seperti cek suhu tubuh, phsycal distancing,  cuci tangan dengan sabun, pakai masker dan menggunakan face shield. Pada pertemuan pertama pun semua taruna mendapat fasilitas face shield. 

Tidak banyak taruna yang datang pada pertemuan pertama kemarin. Hal tersebut dikarenakan beberapa dari taruna kami masih dalam perjalanan dari kota asal mereka masing-masing ke Malang. Walaupun bisa dihitung dengan jari, akan tetapi tidak mengurangi semangat baik dari seluruh crew dan taruna WAA MLG untuk bertemu sebagai keluarga baru dan memulai pembelajaran tatap muka pertama Batch 18.

Pertemuan tatap muka ini didasarkan pada  pentingnya pendidikan karakter  yang ingin Wira Angkasa Academy tanamkan pada setiap batch/angkatan. Seperti yang disampaikan oleh Zimam selaku District Manager WAA MLG saat pertemuan pertama kemarin bahwa, “salah satu tujuan untuk pendidikan AVSEC langsung di kampus yaitu untuk menanamkan pendidikan karakter”. Pendidikan karakter memang akan sulit ditanamkan jika pembelajaran dilaksanakan secara daring sepenuhnya. Salah satu yang ingin ditanamkan adalah adab dalam mencari ilmu yang dalam konteks pendidikan di WAA MLG dapat dilakukan dengan menghormati instruktur sebagai orang yang berbagi ilmu dengan para taruna.

Selaras dengan penyampaian dari District Manager WAA MLG di atas, Lita sebagai Bagian Akademik di WAA MLG juga menambahkan, “Kami sulit sekali melihat karakter taruna jika pembelajaran lewat online”. Walaupun menurut beliau juga ada beberapa taruna yang memang benar-benar niat dalam mengikuti pendidikan ini sampai pergi ke warnet atau susah payah mencari sinyal diluar rumah hanya untuk mengikuti pembelajaran daring yang sudah disusun.

Perempuan yang tegas dalam mendidik Taruna tersebut juga berharap mulai berlangsungnya pertemuan tatap muka ini dapat menanamkan karakter WAA MLG kepada Batch 18. “Ada hal yang memang kami ingin tanamkan untuk pendidikan di sini, beberapa diantaranya adalah taat beribadah, taat pada peraturan dan etika dalam bertemu orang lain. Saya rasa ketiga hal tersebut hanya efektif jika bertemu secara langsung”, ujarnya.

Oleh karena itulah, walaupun dengan berlangsungnya masa new normal pandemi ini WAA MLG menyiapkan diri dengan baik untuk dapat menggelar pendidikan di kampus WAA MLG. Pendidikan harus berjalan dengan segala pembatasan yang berlansung sesuai dengan protokol kesehatan. Karena penanaman karakter bagi Taruna WAA MLG sama pentingnya dengan ilmu yang diberikan, seperti kata pepatah ilmu harus disertai dengan adab. (ap/waamlg)

180 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FacebookTwitter