Main menu

Jangan Pernah Bercanda Mengenai Bom

Jangan sekali – kali bercanda mengenai bom apa lagi di penerbangan.
Memang bnyak masyarakat yang belum tau terkait dengan hal tersebut,padahal hal tersebut bisa berakibat fatal bagi keamanan dan keselamatan penerbangan,dan bisa mengganggu kenyamanan semua orang yang ada area di sekitarnya,sehingga bagi siapa yang bercanda dengan hal tersebut bisa kena denda atau bahkan hukuman.
Berikut Merupakan Contoh Bercanda Di Dunia Penerbangan,Yang Berakibat Fatal.

1.Oknum TNI Iseng Bercanda Dalam Pesawat.
Kejadian tersebut terjadi pada jumat 08 Januari 2016 Akibat candaan membawa bom tersebut, para penumpang Lion Air JT141 tujuan Medan menjadi ketakutan danberhamburan keluar pesawat di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, Riau. Ketika seorang TNI yang duduk di kursi nomor 18 B terlihat masih memegang tas. Pramugari lantas memintanya untuk meletakkan tas itu di kabin pesawat. Saat pramugari hendak memasukkan tas, TNI memintanya untuk hati-hati, pasalnya tas itu bisa meledak kapan saja.
“Berawal dari ucapan itu pramugari lantas melaporkan ucapan pria itu ke pilot dan pilot memutuskan untuk menunda penerbangan,” katanya.
Alhasil, TNI tersebut digiring Detasemen Polisi Militer TNI dan diperiksa. Sementara itu, pesawat yang sebelumnya tertunda keberangkatannya telah berangkat pada pukul 17.35 WIB.
Aparat terpaksa melakukan pemeriksaan ulang penumpang dan bagasi. Pesawat itu seharusnya terbang pada pukul 15.15 WIB.
“Sesuai SOP (Standard Operational Procedure) yang berlaku seluruh penumpang dan kargo harus diturunkan dan diperiksa ulang,” tandasnya.
2. Anggota DPRD Bercanda Bawa Bom di Pesawat.
Gara-gara ada penumpang yang bercanda membawa bom di dalam pesawat Batik Air dengan rute Jakarta-Makassar akhirnya gagal berangkat. Pilot pesawat terpaksa membatalkan penerbangan karena ada salah satu penumpang yang melakukan aksi teror di dalam pesawat dengan mengatakan ada bom.  Ironisnya, aksi teror itu dilakukan oleh Anggota DPRD. kejadian bermula saat anggota DPRD tersebut berada di dalam pesawat, Ketika itu salah seorang pramugari menanyakan isi plastik yang dibawa salah seorang rekan anggota DPRD
Tersebut.Sontak, dia menjawab dengan kata bom. Meski niatnya itu hanya iseng, namun kejadian itu memicu situasi di dalam pesawat jadi carut marut.Para penumpang Batik Air pun diturunkan dari pesawat dan kembali menjalani pemeriksaaan lewat xrey.

Wakil Ketua DPRD Polman Amiruddin yang dikonformasi membenarkan insiden tersebut. Akibatnya, pesawat yang ditumpanginya mengalami delay hingga beberapa jam.
Amiruddin juga tidak menyangka iseng yang dilakukan rekannya akan berdampak pada penundaan pemberangkatan pesawat. “Dia hanya main-main. Namanya bercanda dengan pramugari. Tapi candaan ini rupanya menjadi malapetaka,” tuturnya. Dia mengakui, usai kejadian, rekannya tersebut telah menjalani introgasi dari petugas. Namun pada akhirnya masalah itu diselesaikan dengan baik.
3.Bercanda Bawa Bom, Seorang Nenek Ditangkap Petugas Bandara
Kejadian itu terjadi pada  pukul 07.00 WIB pagi petugas Avsec Bandara Adi Sutjipto mengamankan seorang perempuan berinisial LM berusia 69 tahun,” ujar GM Angkasa Pura 1 Bandara Adi Sutjipto, Yogyakarta, Agus Pandu Purnama, Jumat (8/1/2016).
Kejadian itu bermula karena nenek tersebut melampiaskan kekesalannya karena menjalani pemeriksaan yang ketat, seorang nenek berusia 69 tahun, Akhirnya harus berurusan dengan petugas keamanan Bandara Adi Sutjipto, Yogyakarta, dan akhirnya harus diamankan karena telah memberikan informasi palsu dengan mengaku membawa bom, dia hanya bercanda membawa bom karena kesal harus melewati pemeriksaan di Bandara Adi Sutjipto yang begitu ketat.

“Ngakunya bercanda karena kesal terlalu banyak diperiksa. Sabuk dilepas, dompet diperiksa, jaket dilepas, Setelah diperiksa petugas keamanan, nenek tersebut akan diserahkan ke pihak kepolisian mengacu pada peraturan Kementerian Perhubungan Pasal 334 huruf e UU Nomor 1 Tahun 2009 tentang Pemberian Informasi Palsu.

Sanksi diatur dalam Pasal 537 UU Penerbangan. Pelaku bisa mendapat sanksi maksimal satu tahun penjara.
Demikian beberapa contoh bercanda di penerbangan yang dapat berakibat fatal, Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.Trimakasih.

1266 Total Views 3 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

FacebookTwitter