Main menu

Ini Dia Maskapai Penerbangan Terbaik Dunia Tahun 2021

Dunia penerbangan merupakan salah satu sektor yang paling terdampak  pandemi Covid-19.  Agar dapat bertahan maskapai penerbangan memang ditantang untuk melakukan inovasinya terkait jasa dan layanan agar dapat melewati masa yang sangat sulit ini.

Di tengah tengah masa yang sulit inilah AirlineRatings.com tetap melakukan evaluasi dan pemeringkatan maskapai penerbangan dunia.

Kriteria Penilaian

Badan pemeringkat produk dan keselamatan penerbangan yang berbasis di Australia ini menyusun Airline Excellence Awards berdasarkan berbagai  kriteria termasuk usia armada, ulasan penumpang, dan penawaran produk layanan.

Sebagai kriteria tambahan  badan pemeringkatan ini memasukkan tanggapan maskapai penerbangan terhadap Covid-19.

Dalam kondisi normal biasanya profitabilitas dijadikan salah satu faktor utama yang dinilai oleh juri saat mereka menentukan peringkat maskapai penerbangan teratas, tetapi karena dampak finansial  yang sangat besar  akibat Covid-19 pada industri penerbangan maka tahun ini faktor  keuangan tidak dijadikan  pertimbangan.

Tahun 2021 ini Qatar Airways dinobatkan sebagai maskapai penerbangan terbaik dunia.

Keberhasilan Qatar Airways meraih  peringkat terbaik ini tidak lepas dari komitmen maskapai penerbangan ini untuk menjaga rute udara dunia tetap terbuka selama COVID-19, inovasi, produk baru, dan kualitas layanannya.

Keberhasilan Qatar Airways ini sekaligus meraih perhargaan paling bergengsi yaitu Airline Excellence Awards.

Peringkat kedua diraih oleh Air New Zealand, sedangkan Singapore Airline yang pernah meraih penghargaan sebagai maskapai penerbangan terbaik dunia pada tahun 2019 lalu kini harus puas menempati peringkat ketiga.

Posisi keempat berhasil diraih oleh maskapai penerbangan Australia Qantas yang sekaligus dinobatkan sebagai maskapai penerbangan teraman di dunia.

Maskapai penerbangan Emirates yang berbasis di Dubai berhasil meraih peringkat kelima maskapai penerbangan terbaik dunia.

Mengapa Qatar Airways?

Keberhasilan Qatar Airways meraih penghargaan paling bergengsi ini memang tidak lepas dari upaya maskapai penerbangan ini melakukan berbagai inovasi di tengah kesulitan yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19.

Salah satunya adalah komitmen maskapai penerbangan ini untuk tetap terbang walaupun dunia penerbangan dalam 16 bulan ini memasuki era tergelap dalam sejarah dunia penerbangan.

Di saat banyak maskapai penerbangan menghentikan penerbangannya Qatar Airways masih tertap berkomitmen untuk menjalankan operasi penerbangannya dan setia mendampingi penumpangnya.

Di tengah tengan pandemi ini Qatar Airways berhasil menetapkan standar industri penerbangan yang baru,  terutama yang terkait dengan keselamatan dan kesehatan penumpang,

Maskapai ini memiliki sejumlah keunggulan diantaranya adalah audit dari IATA yang terkait dengan kepatuhan akan prosedur kesehatan yang diterapkannya dalam upaya untuk melindungi kesehatan penumpang dari Covid-19.

Maskapai penerbangan ini dinilai telah memenuhi persyaratan COVID Safe Travel Pass dari IATAS dan Skytrax.

Qatar Airways memang sudah  tidak asing  lagi dengan berbagai perhargaan yang telah diraihnya, diantaranya  layanan dan tempat duduk kabinnya yang terbaik selama sepuluh tahun terakhir termasuk sejumlah penghargaan dari AirlineRatings.com untuk katering dan Qsuite kelas bisnisnya.

Maskapai ini juga berada di garis depan dalam mengembangkan dan memperkenalkan jenis pesawat baru seperti 787, A350, dan 777X dan memiliki salah satu armada pesawat yang termuda di dunia.

Qatar Airways juga berhasil meraih kategori Kelas Bisnis Terbaik, Katering Terbaik, dan Maskapai Penerbangan Timur Tengah Terbaik.

Selain peringkat 20 besar, AirlineRatings.com juga memberikan penghargaan tambahan yaitu kelas satu terbaik  yang berhasil diraih oleh Singapore Airlines,  awak kabin terbaik  yang berhasil diraih oleh Virgin Australia dan lounge bandara terbaik  yang diraih Qantas.

Maskapai murah EasyJet memenangkan penghargaan maskapai penerbangan berbiaya rendah terbaik untuk wilayah  Eropa, Jetstar meraih penghargaan yang sama untuk wilayah di Asia/Pasifik dan Southwest untuk wilayah wilayah Amerika.

Berikut adalah 20 maskapai penerbangan terbaik dunia pada tahun 2021 :  

Qatar Airways
Air New Zealand
Singapore Airlines
Qantas
Emirates
Cathay Pacific
Virgin Atlantic
United Airlines
EVA Air
British Airways
Lufthansa
ANA
Finnair
Japan Air Lines
KLM
Hawaiian Airlines
Alaska Airlines
Virgin Australia
Delta Airlines
Etihad Airways

Sumber: AirlineRatings.com

Sumber artikel: https://www.kompasiana.com/rrnoor/60f7af72b13fde39d1006483/ini-dia-maskapai-penerbangan-terbaik-dunia-tahun-2021?page=3&page_images=1

Kreator: Ronny Rachman Noor

340 Total Views 3 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FacebookTwitter